Sinopsis Pulau Pari – Kepulauan Seribu

Nama tempat wisata kepulauan ini diilhami dari rupanya, sebab bila kita melihat rupa Pulau Pari melalui udara maka Pulau Pari tersebut akan kelihatan seolah-olah mirip seperti ikan pari. Pulau Pari terbagi menjadi 2 yakni Pulau Pari sebelah barat dan Pulau Pari sebelah timur. Sebelah barat adalah kawasan pemukiman penduduk yang total penduduknya tak seperti penduduk, Pulau Tidung, tetapi Pulau Pari sebelah timur adalah dijadikan sebagai daerah wisata.

Kira-kira luas Pulau Pari ini adalah 43 hektar, kawasan wisata ini cuma di tempati oleh sekitar 600 orang penduduk. Hal inilah yang membikin Pulau Pari tak begitu ramai di datangi para traveler dan saya yakin Pulau Pari ini amat ideal buat Anda yang mau mencari kawasan pariwisata yang tak terlampau sesak. Layak untuk anda tahu bila Tidak terdapat hotel atau resort di kawasan pariwisata Pulau Pari, namun jika anda berlibur ke Pulau Pari anda tak perlu risau tak dapat bermalam disana sebab di Pulau Pari saat ini telah banyak sekali rumah-rumah warga yang difungsikan untuk tempat untuk bermalamnya para pengunjung wisata. Beberapa tempat menginap di Pulau Pari sudah difasilitasi dengan ac serta sejumlah sarana pendukung lainnya untuk memberi kenyamanan kepada seluruh pengunjung wisata yang berwisata disini.

Pulau Pari terkenal sebagai kawasan pariwisata yang apik dan asri. Malah kata penduduk, terdapat kebijakan yang melarang para pelancong membawa-bawa kotoran dari luar Pulau Pari kemudian membuangnya di Pulau Pari. Pengunjung wisata musti menyiapkan kantong kresek untuk membuang sampahnya lalu membawanya lagi ke daerah asalnya.

Wisata Pulau Pari

pantai-pulau-pariSama seperti tempat wisata kepulauan lain, aktivitas wisata yang di sentralkan di laut tentunya saja menjadi andalannya. Beragam aktivitas dapat Anda lakuin di sana mulai dari renang, mengail, diving. Disamping itu, Anda pun dapat sekali-kali berlayar menggunakan kano, sofa boat, doughnut boat ataupun menyewa kapal motor nelayan disana untuk menjelajah Pulau Pari dari sisi lautnya, disediakan sepeda yang di sewakan oleh penduduk setempat.

Ketika malam datang, Anda dapat mengadakan acara bbq yang dilaksanakan disekitar pantai atau di depan homestay tempat Anda menginap. Aktifitas ini pun dapat mendekatkan Anda bersama masyarakat dan juga sesama traveler. Tidak ada yang salah liburan sembari mencari kawan baru, kan?

Seperti Pulau Tidung, di sana Anda cuma dapat menjumpai 1 buah mesin ATM saja. Oleh karena itu tuk menjamin rasa nyaman saya sarankan supaya Anda menyiapkan uang dengan jumlah yg pantas supaya tidak terjadi masalah ketika kepingin menjalankan aktivitas ataupun membeli suvenir di sana. Sebagai kawasan untuk pelestarian rumput laut maka di Pulau Pari ini tersedia kuliner yang cuma dapat kita peroleh di Pulau Pari, cemilan yang sekaligus dapat kita jadikan sebagai oleh-oleh tuk keluarga di rumah setelah habis kembali dari kawasan pariwisata ini. Nama makanan di Pulau Pari yang ngetop ialah keripik sukun.

Jauh-jauh sebelum di jadikan menjadi lokasi pariwisata, Pulau Pari dijadikan sebagai tempat tinggal nelayan pada umumnya dan juga dijadikan sebagai kawasan riset biodata maritim. Maka didirikanlah satu kantor resmi tuk Lembaga Oceanografi LIPI (LON LIPI) yang tempatnya berada di bagian barat tempat wisata ini. Tiap bulannya, sejumlah ahli biologi dan juga pelajar yg pergi ke Pulau Pari tuk mengerjakan riset kepada kehidupan mahluk laut di sana.

Yang khas di Pulau Pari ialah bahwa air yang di pakai masyarakat untuk melakukan kehidupan tiap hari rasanya tidak payau, Pulau Pari mempunyai sumber air minum. Hal itu terjadi sebab di dasar laut sekitar Pulau Pari itu ada cekungan yang kata para ahli menyebutkan bahwa cekungan inilah yang memiliki fungsi untuk menyerap air hujan, maka tidak heran bila kawasan wisata ini mempunyai simpanan air minum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.